Monday, March 2, 2009

Mendaftarkan Blog Ke Google

Cara promosi blog memang bermacam - macam mulai dari bertukar link, blogwalking melalui shoutbox hingga " bermesraan " dengan SEO ( Search Engine Optimazion ). Untuk yang terakhir banyak yang mengatakan bahwa promosi dengan SEO itu seni dan sulit, Ponari sendiri tidak mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh Bapak Google agar bisa menduduki peringkat satu di rumahnya.

Tapi bagaimana kita bisa bermesraan dengan Google jika blog kita belum kita daftarkan di Search Engine Google ? Boro - boro bermain SEO dengan memainkan keyword atau kata kunci jebakan, lha wong blog kita kedaftar aja belum ? Sebenarnya sudah banyak blog tutorial yang membahas tentang ini, tapi Ponari ingin membahas lagi yah itung - itung buat bahan update :)

Langsung aja yak...


1. Buka google webmaster tools kemudian daftar mengunakan gmail account kita.

2. Setelah kita login maka akan terlihat gambar seperti dibawah ini kan ?





masukkan alamat blog sobat tanpa diawali dengan http:// misalnya alamat blog Ponari adalah http://ponarijombang.blogspot.com maka Ponari cukup menuliskan ponarijombang.blogspot.com pada kotak Add Site, lalu sobat klik tombol OK.

3. Lalu Klik pada tulisan Verify Your Site. ( lihat gambar )








4. Pilih Add a Meta Tag pada box






5. Kemudian pilih semua tulisan <meta name="verify-v1"...dst lalu copy

6. Lalu buka blog kita pada halaman Template -> buka tab Edit Html. pastekan dan simpan meta name verifikasi yang tadi kita copy setelah tag : <title><data:blog.pageTitle/></title>.

tambahkan kode ini <meta name="robots" content="INDEX, FOLLOW"/> dibawah kode meta verifikasi tadi -> Simpan Template

7. Kembali google webmaster tool. klik tombol Verify, untuk mengkorfirmasi pendaftaran. Jika berhasil akan menampilkan you have sucessfully verified.

8. Masih di google webmaster tool klik link tulisan Dashboard setelah terbuka halaman Dashboard, klik tulisan Add di samping kanan ( atau di bawah kolom Sitemap )

9. Setelah masuk Add Sitemap dalam kotak pilih Add general web sitemap. setelah itu isi kotak kosong di samping kanan alamat blog dengan dua pilihan apakah type rss.xml atau atom.xml -> klik Add General Web Sitemap

10. Proses pendaftaran di Google webmaster tool telah selesai. Daftarkan juga blog sobat di http://www.google.com/addurl/ dan blogsearch.google.com disana sobat hanya perlu memasukkan alamat url blog sobat.



Selesai, kita tinggal menunggu Google mencrawl blog kita. Salam manis dan damai dari Jombang :)

Related Posts by Categories



4 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home